Senin, 16 September 2013

Kenali Penyebab Bibir Menghitam

cara menurunkan berat badan secara cepat

Warna bibir yang tidak segar (menghitam) memang meresahkan dan dapat membuat penampilan Anda tidak maksimal. Ternyata, bibir kehilangan warna merahnya dikarenakan beberapa faktor. Masalah bibir kehitaman ini pasalnya dua kali lipat lebih susah diatasi ketimbang masalah jerawat. Untuk bisa mengatasinya, maka sebaiknya Anda mengenali dulu apa penyebabnya.
1. Paparan sinar matahari
Kini, sinar matahari memang menjadi factor utama penyebab permasalahan kulit. Nah, salah satu efek buruk dari terpapar sinar matahari ternyata juga dapat mempengaruhi warna bibir kita. Bibir jadi cenderung pecah-pecah dan berwarna kehitaman. Untuk itu, Anda perlu menggunakan lip balm dengan SPF tinggi saat melakukan aktifitas di luar ruangan.
2. Lipstik
Kebanyakan wanita menggunakan lipstick dan make-up setiap harinya. Namun, saat membersihkan make-up di wajah, seringkali sisa lipstick di bibir hanya dibiarkan saja. Padahal, pewarna lipstik mungkin masih tertinggal di bibir Anda dan menyebabkan warna bibir menjadi berubah kehitaman.
3. Rokok
Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok menyebabkan perubahan warna pada bibir. Kebiasaan merokok ini, lama-kelamaan membuat bibir akan pecah-pecah dan berwarna kehitaman.
4. Kehilangan kelembaban
Bukan hanya kulit yang harus dijaga kelembabannya, bibir juga bisa kehilangan kelembaban. Gejala awal bibir kehilangan kelembaban ialah kering dan pecah-pecah, sehingga lama-kelamaan warna merah pada bibir berubah jadi hitam atau gelap.
5. Sering menggigit bibir
Menurut para ilmuwan, kebiasaan menggigit bibir ialah pemicu terjadinya pigmentasi pada bibir. Akibatnya, bibir jadi gelap. Begitu pula dengan menjilat bibir. Hal ini bisa membuat kondisi bibir jadi lebih mudah kering.
6. Kafein
Bagi Anda pecinta kopi, sebaiknya membatasi waktu mengopi anda. Sebaiknya, jangan mengonsumsi kopi lebih dari dua kali sehari. Karena kopi dapat membuat bibir berubah kekuningan, kemudian kehitaman dalam beberapa lama. Perubahan warna bibir ini tergantung dari jumlah kafein yang dikonsumsi.
7. Kurang vitamin C
Fungsi utama dari vitamin C ialah membantu metabolisme tubuh serta menjadi sumber nutrisi yang dapat mempercantik kulit. Kekurangan vitamin C Kekurangan vitamin C akan membuat bibir mengalami pigmentasi, akibatnya bibir kehitaman dan pecah-pecah.
 
 
8. Dehidrasi
Bekerja di ruangan ber-AC membuat Anda kekurangan cairan pada tubuh (dehidrasi). Dehidrasi dapat membuat bibir jadi lebih kering dan menghitam dari waktu ke waktu. Pastikan Anda mengonsumsi 2-3 liter air putih sehari untuk mencegah dehidrasi.
9. Alergi
Bibir yang menghitam juga bisa disebabkan karena alergi kosmetik. Lipstik atau lipgloss mengandung bahan kimia dan parfum yang bisa menyebabkan iritasi. Pastikan untuk melakukan uji coba sebelum membeli kosmetik.
-Aprodhite-

http://www.tabloidnova.com/Nova/Kecantikan/Wajah/Kenali-Penyebab-Bibir-Menghitam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar